Sabtu, 07 Mei 2016

[Opini] Dear, Lelaki: Lindungi Kami, Perempuan

Assalamualaikum :)
postingan kali ini hanya sekedar opini dan cerita saja :) dan bukan bermaksud menyinggung pihak tertentu. tapi lebih saya tujukan pada pelaku verbal harassment, yang umumnya laki-laki.

Beberapa hari ini sedang 'booming' kasus Yuyun, remaja 14 tahun yang diperkosa belasan laki-laki. eh atau lebih bisa disebut binatang :/

tapi saya tidak akan membahas kasus Yuyun, tapi komentar-komentar yang muncul dibalik kasus ini.

di media sosial, hampir semua orang menyalahkan tersangka dalam kasus Yuyun. karena memang terlihat sangat tidak manusiawi perlakuan tersangka itu.
Tapiiiii.. di kasus pelecehan/pemerkosaan lain, tidak sedikit yang menyalahkan korban.

Disalahin? disalahin gimana?
banyak yang bilang salah korban karena memakai baju yang terbuka, seksi, atau 'menggoda'.
kebanyakan yg berkomentar seperti itu adalah mas-mas yang tanpa dosa banget -_-

Jadi? gimana? salah siapa?
jadiiiii... ya bukan salah siapa-siapa. ya karena saya tidak mau menyalahkan siapa-siapa, tapi kalau boleh sih ya nyalahin tersangka ya *seret ke jurang*

Gini lho ya..
orang-orang tau nya yang dilecehin/yg di "suit-suit"in itu cewek yang bajunya 'gemesin' kayak baju balita gitu .

padahaaalll.. yang pake jilbab juga banyak yang di 'suit-suit' gitu

palingan jilbabnya kurang bener!
bajunya masih ketat pasti!
jilboobs tuh, makanya digituin!!

Let me tell u my story ,para orang-orang yang sukanya maido .

beberapa hari yang lalu, saya dan sepupu pergi berdua. pamitnya jalan-jalan sore tapi pake motor. sebelum mulai muterin jalan, kami beli es untuk diminum jika nanti haus. kami beli susu racik wadahnya gelas dengan tutupnya plastik yg di press /abaikan/
oke, kembali ke muterin jalan.
kami menyusuri jalan raya yang ruaame bgttt, lalu setelahnya masuk jalan yang sedikit lebih sepi, disitu motor kami disalip sebuah motor yang ditumpangi  2 cowok yang penampilannya ilfeel'in. lalu motor itu pelan, akhirnya kami salip motor itu, tapiii...gelagat motor itu seperti mengikuti kami. kami pelan,ikut pelan, kami patas ,ikut patas. akhirnya, motor itu disamping kami, mereka melakukan verbal harassment kepada kami. Lalu kami ngebut, mereka nyalip jauh didepan kami walau masih terlihat, mereka memelankan motornya sambil melihat ke arah kami. Alhamdulillah ada truk yang menyalip kami, motor kami tertutup oleh truk itu. Lalu kami belok ke jalan lain. Alhamdulillah kami selamat, kami tidak apa-apa :)

pakai baju ketat?
TIDAK , baju kami longgar, sama sekali tidak membentuk lekukan tubuh

jilboob?
saya rasa tidak, sepupu saya memakai jilbab rawis yang memang bahannya tebal, dan dia tidak menyibakkan jilbabnya itu. Daaaann... saya pakai jilbab instan yg langsung 'blusuk' gitu , panjangnya nututpin dada dan bahu saya

wajahnya mungkin terlihat sehingga mereka tertarik?
Yaa Rabb, kami pakai helm. kacanya ditutup.
entah mereka masih bisa melihatnya mungkin :(

Jadiiiii... sebenarnya, pelecehan itu tergantung masing-masing orangnya. memang ada perempuan yang ingin diperhatikan lawan jenisnya dengan cara pakai baju gemesin, ada juga yang senang apabila di suit"in.
Tapi, memang ada laki-laki yang memang hobi melakukan verbal harassment, jadi tidak memandang baju longgar/ketat, semua dipukul rata.

Tetapi, sebagai laki-laki, harusnya melindungi perempuan. bukan malah membuat perempuan takut saat melewati kalian.
harusnya kalian menjadi pelindung saat perempuan jalan sendiri, saat perempuan di jalanan sepi, saat perempuan pulang malam karena bekerja, bukannya malah menjadi ketakutan utama mereka disaat-saat seperti itu.

Perempuan harus bagaimana lagi?
sudah banyak yang berusaha melindungi diri dengan berjilbab bahkan beladiri. Tapi apa? tetap saja perempuan kurang terlindungi, tenaga perempuan itu kalah dengan laki-laki.

Apa perempuan harus membawa bodyguard setiap saat?
Tidak, kan?

Wasalam

1 komentar:

  1. semoga diantara lelaki yang waras bisa menularkan kewarasannya.
    kalo baw dosyguar, so budyguardnyakan ya cowok?? :O

    BalasHapus

give your coment