Rabu, 23 Mei 2018

[Opini] Salah Jurusan ?


apasih yang dimaksud salah jurusan?
apakah seperti salah naik bis atau kereta? tentu tidak :p
yasudah yuk dibahas sesuai pengalaman dan ceritakuu ^^

sebelum dibahas, aku mau mengucap banyak syukur dulu ya heuheu

alhamdulillah akhirnya menerbitkan tulisan pertama di tahun 2018 :v
alhamdulillah setelah kira-kira 12 tahun bersekolah, akhirnya aku lulus :')
alhamdulillah lagi karena masih diberi kesempatan merasakan nikmat Ramadhan oleh Allah, btw selamat menjalankan ibadah ya semuaa ^^
sekian ucap syukur dari diriku, mari membaca opiniku :D

Apasih salah jurusan itu?
berdasarkan pendapat banyak orang dan telah digabung dengan isi kepalaku, salah jurusan itu adalah  ketika kalian mengenyam pendidikan (terutama di SMA sederajat dan saat kuliah) tapi kalian sama sekali tidak mengerti apa yang telah diajarkan, karena jurusan yang kalian masuki bukan yang kalian inginkan, sehingga kalian akan lelah karena menjalaninya dengan terpaksa.
hmm..panjang yaa :3
yaa intinya kalian terpaksa masuk di jurusan itu

Apakah aku pernah merasakan salah jurusan?
aku memang belum kuliah karena memang masih menunggu pengumuman yang lamanya 2 bulan semenjak aku tes, iya aku digantung :')
tapi gengzz, salah jurusan gak hanya terjadi di dunia perkuliahan kok. Di masa SMA/SMK atau sekolah sederajat lain pasti ada banget yang mengeluhkan salah jurusan.

YAA TERMASUK AKU *perlu banget nih di caps lock :v

Aku baru lulus dari SMK di jurusan teknik otomasi industri *browsing aja kalau pengen tau :v
"lah keren dong anak teknik" , nggak gengz. keren itu kalau aku benar-benar menginginkan jurusan itu, tapi kalau terpaksa ya nggak keren :"
2 tahun pertama aku gangerti sama sekali apapun yang diajarin sama guruku, praktek masih oke karena terkadang prakteknya itu kerja kelompok :v
tapi nih, kalau udah teori apalagi pas ujian kejuruan...DIE! gabisa apa-apa aku tuh
"Nyontek aja laah" . ya memang ku akui kadang emang nyontek sii :" , tapi nunggu temen bener-bener selesai dulu kerjaannya. Tapi gengz, kerjaan temen selesai ya waktu nya ikut selesai. sedih gak sih. Akhirnya ya tetap dengan usaha sendiri, berfikir dengan keras, jawab seadanya daripada lembar jawabannya kosong kan keliatan hina banget yaa

Tapi, tahun terkahir alias pas udah kelas 12, alhamdulillah wa syukurillah udah sedikit ngerti 
Lalu dengan lancanya aku bisa menyelesaikan ujian praktek kejuruan dengan luaancar jaya, and I'm proud of my self wuehehe.

Intinya aku tuh pernah juga merasa bahwa aku salah jurusan, nyesel, nangis juga pernah :". Capek fisik, otak dan juga hati karena terpaksa gituu..

Apakah menurutku salah jurusan itu ada? Lalu tipsnya apa nih?
setelah 3 tahun menjalani sekolah dengan keterpaksaan, aku menyadari bahwa sesungguhnya salah jurusan itu nggak ada gengz, yang ada kalian yang tidak memikirkan dengan matang mau kemana arah kalian.
"loh kok gitu sih?"
iya dong, coba nih ya kalau dari awal sudah kupikirkan dengan matang, lalu dari awal sudah kubicarakan dengan orang tua mau kemana aku melanjutkan pasti nggak ada tuh yang namanya terpaksa memasuki jurusan itu.
lagipula, apapun jurusannya, kita udah milih itu. jangan terlalu lama larut dalam penyesalan, karena ya rugi aja. Dengan atau tanpa rasa nyesel dan terpaksa kita akan tetep menjalani itu (kecuali pindah sekolah ya wkwk)

aku gak ikhlasnya ya cuma tahun pertama kok, walau tahun kedua juga blank, tapi aku berusaha berfikir bahwa apapun yang udah kita jalani itu patut di syukuri .emang keliatannya klise bangetzz, tapi fakta kok..

aku mencoba melihat hal lain yang menyenangkan di jurusan tersebut, seperti memiliki banyak teman laki-laki yang mereka itu lebih enak kalau diajak becanda dibanding sama cewek hehe
lalu aku juga bertemu dengan para "Ustadz" di kelas, memiliki banyak guru yang masih muda dan tentunya asik banget. Jadi mulailah disitu aku mengikhlaskan rasa menyesal itu, jadi lebih jarang mengeluh karena udah tau sisi menyenangkannya

dan kalau pas milih jurusan kuliah itu, usahakan deh semua pilihan itu memang jurusan yang kalian inginkan, jangan mentang-mentang pilihan 3 akhirnya kalian asal pilh ^^
memang aku belum kuliah, tapi sering nih mendengar curhatan nyesel karena masuknya malah di pilihan ke 3. coba kalau semua nya itu tetap jurusan yang kalian inginkan gaada tuh ceritanya berfikir salah jurusan.

sering-sering aja berdoa, sampai nangis juga gapapa biar lega..
terus kalian harus punya keyakinan nih, Allah tuh gamungkin nyesatin hamba-Nya, entar lama-lama juga enjoy ngejalaninya. Semua emang butuh proses dan waktu gengz \^^/

sekian opini bercampur curhatan ku,

4 komentar:

  1. keseringan salah juran itu terjadi saat kita sudah menjalaninya, seharusnya saya ga disini.. memang harus benar2 dipikirkan matang2 apa yg kita sukai sehingga apa yg dipilih tidak akan disesali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mas. Jurusan itu kan gak cuma dijalani sehari-dua hari tapi bertahun², sayang aja kan kalau ada perasaan salah jurusan akhirnya sepanjang hari cuma nyesel aja hehe

      Hapus
  2. salah jurusan kalo menurutku sih bisa bahaya ya.. kayanya harus konseling deh baiknya dilanjut atau ganti jurusan sekalian.. supaya nggak jadi beban baik itu di hati atau di pikiran.. hihi.. semoga nanti pas kuliah kamu nggak salah jurusan lagi ya.. salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahaya banget, jadi merasa sia-sia aja dulu awalnya,sekarang enggak sih hehe..
      Ya semoga tidak "kesasar" lagi karena sudah belajar dari pengalaman, terima kasih doa nya :)
      Salam kenaall!! ^^/

      Hapus

give your coment