Sabtu, 23 Juni 2018

[Opini] SMA atau SMK ?



Halooo man teman, postingan kali ini aku collab sama temen SMP buat bahas tentang SMA dan SMK, kalau kalian yang baru lulus SMP dan bingung nih mau lanjut kemana, boleh banget baca tulisanku dan Whella.


Baca tulisannya Whella:


Nah, disini aku akan memberikan cerita dan pengalaman selama sekolah di SMK, dan juga pandanganku terhadap anak SMA, biar kalian gak Salah Jurusan

Kenapa pilih SMK?
awalnya itu sebenarnya juga ada pertimbangan masuk ke SMA, tapi karena banyak banget omongan kalau SMA yang disini tuh bayarnya mayan mahal sis dan kondisi ekonomi keluarga yang yaa sekedar cukup lah, cukup buat beli mobil, rumah mewah, apartemen *eh nggak.

Lalu juga berfikir kalau SMA tuh harus lanjut kuliah karena kesempatan kerja nya bakal kalah sama anak SMK kalau sama sama fresh graduate, akhirnya muncul tuh pikiran "ah mending SMK aja, kalau ada rezeki ya kuliah, kalau belum ada rezeki ya kerja dulu abis lulus itung-itung bantuin orang tua ya kan".

yasudah deh, akhirnya diriku memilih SMK untuk melanjutkan sekolah, dan Alhamdulillah sekarang udah lulus :)

Saat bersekolah di SMK
Rasanya beda banget sama pas waktu SMP, kalau dulu cuma duduk manis dengerin guru, nah pas SMK harus praktek juga, kalau pas kelas 10 sih yaudah prakteknya cuma bentar, makin lama makin banyak jam prakteknya. apalagi pas kelas 12 tuh bisa seharian praktek, capek lho saudara-saudara kalau seharian praktek tuh.

Lalu ada juga kegiatan magang, seru sih ngrasain kerja. Ada juga tempat magang yang ngasih gaji buat anak yang magang disitu, dan alhamdulillah daku dapat \^^/
Magang tuh juga penuh duka lho, karena semua udah diatur, mulai dari jam masuk dan pulang, harus ngapain aja, kita gabisa tawar menawar. Kadang omongan yang keluar dari mulut atasan tuh udah kayak komentar netijen yang sangat pedas huhuuww. Tapi enak sih, seru juga haha

Setelah lulus SMK
setelah lulus ya ada yang sama sih kayak anak SMA, sama sama jungkir balik kalau mau kuliah. Tapi lebih banyak yang jungkir balik karena bercita cita kerja di BUMN yang seleksinya tuh ya lumayan ketat.

Banyak juga anak SMK yang baru lulus tuh langsung kerja di toko, konter hp, dan lain lain, ya untuk batu loncatan aja sebelum diterima kerja ditempat yang benar-benar diinginkan. Bahkan ya. ada nih seorang temen yang udah ketrima SNMPTN, tapi sekarang juga kerja katanya sih daripada nganggur selama belum masuk kuliah, jadi kerja aja lumayan bisa pegang uang sendiri. hmm..bagus sih pemikirannya.

Jadi, karena banyaknya temen yang udah kerja sekarang, aku tuh jadi agak nggak enak cuma dirumah aja nunggu pengumuman SBMPTN. Hati rasanya pengen banget kerja tapi bingung kerja apaan yang bisa dijadikan kerja sementara. 
Entahlah ya, apakah anak SMA juga merasakan ketidakenakan hati pada orang tua karena nganggur setelah lulus

Perbedaan SMA dan SMK
bedanya pasti udah terlihat di persentase teori dan praktek yang diberikan saat sekolah.

Tapi, kalau kata orang-orang sih, anak SMK tuh lebih dewasa pemikirannya, mungkin dilihat dari adanya kegiatan magang, yang kita tuh harus kerja dan berhadapan sama "bos" selama waktu yang ditentukan oleh sekolah, gabisa sembarangan ngomong, kalau lagi disuruh tuh gabisa tawar menawar kayak mau ngumpulin tugas di sekolah. Dan, banyak juga anak SMK yang kerja sambil sekolah.

Eitt, tapi pendapat orang kan ada yang baik juga ada yang jelek. Jeleknya, anak SMK tuh dianggap lebih nakal daripada anak SMA, lebih semrawut gitu lho kesannya

Kalau menurutku ya ada benarnya sih, anak SMA tuh lebih terkesan rapi, kepala isinya buku semua haha
terus sekolah SMA tuh kayaknya banyak event sih, kalau SMK dibikin banyak event pasti gurunya bilang "aduu sayang jam prakteknya" *mungkin sekolahku aja sih :v

kalau kalian memang bener bener pengen kuliah, mending sekolah SMA aja. Lebih disiapkan untuk kuliah gitu lho anak-anaknya itu. Kalau di SMK, nanggung. Bisa kuliah, tapi peluangnya kecil gak kayak anak SMA.
Tapi kalau udah cita cita pengen berwirausaha atau kerja dimana gitu yaa sekolah SMK aja, skill nya insyaallah lebih terasah untuk praktek.

Jadi, mau pilih SMA atau SMK itu tergantung kedepannya kalian mau jadi apa atau mau gimana
sekolah sama aja, tergantung pembawaan pribadi kalian masing-masing kok:)

Yasudah, sekian cerita pengalamanku yang sekolah di SMK dan pandanganku terhadap anak SMA.
Eh iya, jangan lupa baca juga punyanya Whella buat pertimbangan kalian, karena doi adalah salah satu mantan murid SMA yang juga baru lulus :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

give your coment